Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Berkembangnya agama Islam secara cepat dan meluas di Indonesia terutama di daerah pesisir karena adanya kontak dagang antara pedagang Islam dengan pedagang Indonesia. Para pedagang Islam dari Gujarat dalam menyiarkan agama Islam dengan cara bijaksana dan tanpa paksaan atau kekerasan. Sehingga banyak pedagang maupun penduduk Indonesia pada masal lampau yang tertarik kepada Islam. Selain itu ajaran Islam tidak mengenal kasta.
Makin kuatnya pengaruh Islam di kalangan penduduk mendorong tumbuhnya kerajaan-kerajaan Islam di kepulauan Nusantara. Kerajaan-kerajaan Islam terkenal di Indonesia pada masa lampau dapat dijelaskan di bawah ini.
a. Kerajaan Islam Samudra Pasai
Pada abad ke-13 berdirilah kerajaan Islam pertama di Indonesia yaitu Samudra Pasai. Pendiri kerajaan ini sekaligus menjadi raja pertama bernama Sultan Malik al Saleh. Letak kerajaan berada di daerah Aceh Utara di Kabupaten Lokseumawe.
Kemudian pada tahun 1297 Sultan Malik al Saleh wafat untuk melanjutkan pemerintahan ia digantikan oleh putranya bernama Sultan Mahmud. Pada tahun 1326 Sultan Mahmud juga wafat. Selanjutnya pemerintahan kerajaan Islam Samudra pasai dipimpin oleh Sultan Ahmad yang bergelar Sultan Malik Al Tahir. Pada masa pemerintahan Sultan Ahmad, kerajaan Samudra Pasai mendapat kunjungan Ibnu Batuta, utusan Sultan Delhi. Ibnu Batuta menceritakan bahwa Samudra Pasai merupakan bandar utama pelabuhan yang sangat penting. Karena di pelabuhan ini menjadi tempat bongkar muat barang-barang dagangan yang dibawa oleh para pedagang dari dalam dan luar negeri (India dan Cina).
b. Kerajaan Islam Demak
Pada Abad ke-15 di Pulau Jawa berdiri kerajaan Islam Demak. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Pendiri kerajaan ini bernama Raden Patah. Ia sebenarnya adalah salah seorang bupati di kerajaan Majapahit yang berkedudukan di Demak dan telah menganut Islam. Kekuasaan Majapahit ketika itu sudah lemah. Keadaan ini mendorong Raden Patah untuk mendirikan kerajaan Islam Demak. Dengan berdirinya kerajaan Islam Demak berarti Raden Patah telah melepaskan diri dari pengaruh kekuasaan Majapahit. Berdirinya kesultanan Demak mendapat dukungan pula dari daerah-daerah lain di Jawa Timur yang sudah Islam seperti Jepara. Tuban dan Gresik.
Berkembangnya agama Islam secara cepat dan meluas di Indonesia terutama di daerah pesisir karena adanya kontak dagang antara pedagang Islam dengan pedagang Indonesia. Para pedagang Islam dari Gujarat dalam menyiarkan agama Islam dengan cara bijaksana dan tanpa paksaan atau kekerasan. Sehingga banyak pedagang maupun penduduk Indonesia pada masal lampau yang tertarik kepada Islam. Selain itu ajaran Islam tidak mengenal kasta.
Makin kuatnya pengaruh Islam di kalangan penduduk mendorong tumbuhnya kerajaan-kerajaan Islam di kepulauan Nusantara. Kerajaan-kerajaan Islam terkenal di Indonesia pada masa lampau dapat dijelaskan di bawah ini.
a. Kerajaan Islam Samudra Pasai
Pada abad ke-13 berdirilah kerajaan Islam pertama di Indonesia yaitu Samudra Pasai. Pendiri kerajaan ini sekaligus menjadi raja pertama bernama Sultan Malik al Saleh. Letak kerajaan berada di daerah Aceh Utara di Kabupaten Lokseumawe.
Kemudian pada tahun 1297 Sultan Malik al Saleh wafat untuk melanjutkan pemerintahan ia digantikan oleh putranya bernama Sultan Mahmud. Pada tahun 1326 Sultan Mahmud juga wafat. Selanjutnya pemerintahan kerajaan Islam Samudra pasai dipimpin oleh Sultan Ahmad yang bergelar Sultan Malik Al Tahir. Pada masa pemerintahan Sultan Ahmad, kerajaan Samudra Pasai mendapat kunjungan Ibnu Batuta, utusan Sultan Delhi. Ibnu Batuta menceritakan bahwa Samudra Pasai merupakan bandar utama pelabuhan yang sangat penting. Karena di pelabuhan ini menjadi tempat bongkar muat barang-barang dagangan yang dibawa oleh para pedagang dari dalam dan luar negeri (India dan Cina).
b. Kerajaan Islam Demak
Pada Abad ke-15 di Pulau Jawa berdiri kerajaan Islam Demak. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Pendiri kerajaan ini bernama Raden Patah. Ia sebenarnya adalah salah seorang bupati di kerajaan Majapahit yang berkedudukan di Demak dan telah menganut Islam. Kekuasaan Majapahit ketika itu sudah lemah. Keadaan ini mendorong Raden Patah untuk mendirikan kerajaan Islam Demak. Dengan berdirinya kerajaan Islam Demak berarti Raden Patah telah melepaskan diri dari pengaruh kekuasaan Majapahit. Berdirinya kesultanan Demak mendapat dukungan pula dari daerah-daerah lain di Jawa Timur yang sudah Islam seperti Jepara. Tuban dan Gresik.
Dalam
waktu singkat Demak telah berkembang menjadi sebuah kerajaan besar. Di
samping itu Demak menjadi pusat penyiaran agama Islam. Apalagi setelah
malaka Jatuh (dikuasai) oleh Portugis (1511), maka kedudukan dan peranan
Demak semakin penting.
Kedatangan penjajah Portugis di Malaka mengundang ketidaksenangan Sultan Demak. Karena hal itu merupakan ancaman pula terhadap kerajaan Demak. Pada tahun 1513 kerajaan Demak mengirim armada tentaranya dipimpin oleh Pati Unus untuk mengusir Portugis di Malaka mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan Potugis memiliki armada lebih kuta dan lengkap.
Meskipun usaha untuk merebut Malaka dari Potugis yang dilakukan Pati Unus mengalami kegagalan, namun peristiwa ini patut dibanggakan karena mereka gagah berani menghadapi bangsa penjajah.
Karena keberaniannya sebagai panglima yang memimpin penyerangan ke Malaka Maka Pati Unus diberi gelar Pangeran Sabrang Lor artinya Pengeran yang menyeberangi laut ke Utara.
Kemudian pada tahun 1518 Raden Patah Wafat. Ia digantikan oleh putranya yaitu Pati Unus. Pemerintahannya hanya berlangsug selama 3 tahun karena setelah itu ia wafat. Selanjutnya kerajaan Islam Demak dipimpin oleh Sultan Renggono, Adim Pati Unus.
Sultan Trenggono dikenal sebagai raja yang tegas dan arif bijaksana. Karena itu pada masa pemerintahannya Demak mencapai puncak kejayaan. Daerah kekuasaannya meliputi Jawa Barat dan Jawa Timur.
Di bawah pemerintahan Sultan Trenggono, Demak tetap antipati terhadap penjajah Potugis. Apalagi Portugis terus meluaskan jajahannya hingga ke Jawa Barat. Pada tahun 1522 Portugis datang ke Sunda Kelapa, pelabuhan utama kerajaan Pajajaran. Portugis menjalin kerjasama dengan raja Pajajaran dengan membuat kesepakatan untuk menghadapi pasukan Islam Demak. Portugis merencanakan mendirikan benteng di Sunda Kelapa.
Pada tahun 1527 kerajaan Islam Demak mengirimkan tentaranya dipimpin oleh Fatahilah untuk mengusir dan menghancurkan Potugis yang menduduki Sunda kelapa. Fatahillah beserta tentaranya berhasil mengusir orang-orang Portugis dan menguasai Sunda Kelapa. Kemudian oleh Fatahillah nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta artinya kemenangan. Sekarang Jayakarta menjadi Jakarta.
Sementara itu Demak berhasil menguasai Jawa Timur. Ekspedisi ke Jawa Timur ini dipimpin langsung oleh Sultan Trenggono. Tetapi dalam serangannya ke Pasuruan Tahun 1546, Sultan Trenggono gugur.
Setelah wafatnya Sultan Trenggono Timbullah pertentangan di kalangan keluarga sendiri. Petentangan bersumber pada siapa yang berhak mewarisi kerajaan. Berakhirnya kerajaan Islam Demak setelah Pangeran Adiwijoyo atau Joko Tingkir berhasil mengalahkan Arya Penangsang suka bertindak sewenang-wenang, sehingga banyak adipati yang menentang tindakannya tersebut. Joko Tingkir kemudian memindahkan keraton Demak ke Pajang (tahun 1568. Dengan demikian tamatlah riwayat Kerajaan Demak.
c. Kerajaan Islam Pajang
Pada tahun 1568 berdiri kerajaan Islam Pajang. Pendiri kerajaan ini adalah Sultan Adiwijoyo atau Joko Tingkir. Ia berhasil mengalahkan Arya penangsang raja Demak. Ia kemudian menindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Pajang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa berdirinya kerajaan Islam Pajang erat kaitannya dengan kerajaan Demak.
Sultan Adiwijoyo atau Joko Tingkir adalah seorang yang suka menghargai pendukung atau pengikut yang turut bertempur bersamanya sewaktu menghadapi Arya Penangsang. Mereka yang telah berjasa oleh Sultan Adiwijoyo diberi hadiah penghargaan. Kedua orang yang dinilai sangat berjasa yaitu Kiai Ageng Pemanahan dihadiahi tanah di Mataram (sekitar Kotagede, dekat Yogyakarta). Sedangkan Kiai Panjawi dihadiahi tanah di Daerah Pati. Mereka sekaligus diangkat menjadi bupati di daerahnya masing-masing.
Bupati Surabaya diangkat sebagai wakil raja yang memiliki daerah kekuasaan meliputi Sedayu, Gresik, Surabaya dan Panarukan.
Kiai Ageng Pemanahan yang menjadi Bupati Mataram mempunyai seorang putra bernama Sutowijoyo. Ia memiliki bakat di bidang kemiliteran. Sutowijoyo lebih dikenal sebagai Senapti Ing Alaga (Panglima Perang). Karena itu setelah Kiai Ageng Pemanahan wafat pada tahun 1575, pemerintahan dilanjutkan oleh Sutowijoyo, putranya.
Dalam perkembangnya di Pajang terjadi pergolakan hebat. Setelah Sultan Adiwijoyo wafat pada tahun 1582, maka Arya Pangiri putra Sunan Prawoto (dari Demak) mencoba merebut kekuasaan dari Pangeran Benowo yang ketika itu menjadi penguasa Pajang menggantikan ayahnya, Sultan Adiwijoyo. pangeran Benowo meminta bantuan Sutowijoyo dalam menghadapi Arya Pangiri. Perebutan kekuasaan yang dilakukan Arya Pangiri tidak berhasil. Kemudian Pangeran Benowo menyerahkan kekuasaan Pajang kepada saudara angkatnya yang bernama Sutowojoyo karena tidak mampu lagi melanjutkan pemerintahan. Kemudian oleh Sutowijoyo pusat pemerintahan dipindahkan ke Mataram. Dengan demikian tamatlah kerajaan Pajang.
d. Kerajaan Islam Mataram
Kedatangan penjajah Portugis di Malaka mengundang ketidaksenangan Sultan Demak. Karena hal itu merupakan ancaman pula terhadap kerajaan Demak. Pada tahun 1513 kerajaan Demak mengirim armada tentaranya dipimpin oleh Pati Unus untuk mengusir Portugis di Malaka mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan Potugis memiliki armada lebih kuta dan lengkap.
Meskipun usaha untuk merebut Malaka dari Potugis yang dilakukan Pati Unus mengalami kegagalan, namun peristiwa ini patut dibanggakan karena mereka gagah berani menghadapi bangsa penjajah.
Karena keberaniannya sebagai panglima yang memimpin penyerangan ke Malaka Maka Pati Unus diberi gelar Pangeran Sabrang Lor artinya Pengeran yang menyeberangi laut ke Utara.
Kemudian pada tahun 1518 Raden Patah Wafat. Ia digantikan oleh putranya yaitu Pati Unus. Pemerintahannya hanya berlangsug selama 3 tahun karena setelah itu ia wafat. Selanjutnya kerajaan Islam Demak dipimpin oleh Sultan Renggono, Adim Pati Unus.
Sultan Trenggono dikenal sebagai raja yang tegas dan arif bijaksana. Karena itu pada masa pemerintahannya Demak mencapai puncak kejayaan. Daerah kekuasaannya meliputi Jawa Barat dan Jawa Timur.
Di bawah pemerintahan Sultan Trenggono, Demak tetap antipati terhadap penjajah Potugis. Apalagi Portugis terus meluaskan jajahannya hingga ke Jawa Barat. Pada tahun 1522 Portugis datang ke Sunda Kelapa, pelabuhan utama kerajaan Pajajaran. Portugis menjalin kerjasama dengan raja Pajajaran dengan membuat kesepakatan untuk menghadapi pasukan Islam Demak. Portugis merencanakan mendirikan benteng di Sunda Kelapa.
Pada tahun 1527 kerajaan Islam Demak mengirimkan tentaranya dipimpin oleh Fatahilah untuk mengusir dan menghancurkan Potugis yang menduduki Sunda kelapa. Fatahillah beserta tentaranya berhasil mengusir orang-orang Portugis dan menguasai Sunda Kelapa. Kemudian oleh Fatahillah nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta artinya kemenangan. Sekarang Jayakarta menjadi Jakarta.
Sementara itu Demak berhasil menguasai Jawa Timur. Ekspedisi ke Jawa Timur ini dipimpin langsung oleh Sultan Trenggono. Tetapi dalam serangannya ke Pasuruan Tahun 1546, Sultan Trenggono gugur.
Setelah wafatnya Sultan Trenggono Timbullah pertentangan di kalangan keluarga sendiri. Petentangan bersumber pada siapa yang berhak mewarisi kerajaan. Berakhirnya kerajaan Islam Demak setelah Pangeran Adiwijoyo atau Joko Tingkir berhasil mengalahkan Arya Penangsang suka bertindak sewenang-wenang, sehingga banyak adipati yang menentang tindakannya tersebut. Joko Tingkir kemudian memindahkan keraton Demak ke Pajang (tahun 1568. Dengan demikian tamatlah riwayat Kerajaan Demak.
c. Kerajaan Islam Pajang
Pada tahun 1568 berdiri kerajaan Islam Pajang. Pendiri kerajaan ini adalah Sultan Adiwijoyo atau Joko Tingkir. Ia berhasil mengalahkan Arya penangsang raja Demak. Ia kemudian menindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Pajang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa berdirinya kerajaan Islam Pajang erat kaitannya dengan kerajaan Demak.
Sultan Adiwijoyo atau Joko Tingkir adalah seorang yang suka menghargai pendukung atau pengikut yang turut bertempur bersamanya sewaktu menghadapi Arya Penangsang. Mereka yang telah berjasa oleh Sultan Adiwijoyo diberi hadiah penghargaan. Kedua orang yang dinilai sangat berjasa yaitu Kiai Ageng Pemanahan dihadiahi tanah di Mataram (sekitar Kotagede, dekat Yogyakarta). Sedangkan Kiai Panjawi dihadiahi tanah di Daerah Pati. Mereka sekaligus diangkat menjadi bupati di daerahnya masing-masing.
Bupati Surabaya diangkat sebagai wakil raja yang memiliki daerah kekuasaan meliputi Sedayu, Gresik, Surabaya dan Panarukan.
Kiai Ageng Pemanahan yang menjadi Bupati Mataram mempunyai seorang putra bernama Sutowijoyo. Ia memiliki bakat di bidang kemiliteran. Sutowijoyo lebih dikenal sebagai Senapti Ing Alaga (Panglima Perang). Karena itu setelah Kiai Ageng Pemanahan wafat pada tahun 1575, pemerintahan dilanjutkan oleh Sutowijoyo, putranya.
Dalam perkembangnya di Pajang terjadi pergolakan hebat. Setelah Sultan Adiwijoyo wafat pada tahun 1582, maka Arya Pangiri putra Sunan Prawoto (dari Demak) mencoba merebut kekuasaan dari Pangeran Benowo yang ketika itu menjadi penguasa Pajang menggantikan ayahnya, Sultan Adiwijoyo. pangeran Benowo meminta bantuan Sutowijoyo dalam menghadapi Arya Pangiri. Perebutan kekuasaan yang dilakukan Arya Pangiri tidak berhasil. Kemudian Pangeran Benowo menyerahkan kekuasaan Pajang kepada saudara angkatnya yang bernama Sutowojoyo karena tidak mampu lagi melanjutkan pemerintahan. Kemudian oleh Sutowijoyo pusat pemerintahan dipindahkan ke Mataram. Dengan demikian tamatlah kerajaan Pajang.
d. Kerajaan Islam Mataram
Alaga Sayidin Pantagama. Letak
kerajaan ini berada di Kotagede, Sebelah tenggara kota Yogyakarta.
Ketika memerintah dikerajaan Mataram, banyak bupati yang ingin
melepaskan diri dari kekuasaannya. Diantara para bupati yang ingin
melepaskan diri dari kekuasaannya adalah bupati Ponogorogo, Madiun,
Kediri, Pasuruan, Surabaya, Cirebon dan Galuh. Namun upaya mereka untuk
melepaskan diri tidak behasil karena Sutowijoyo dikenal memiliki
keahlian di bidang kemiliteran berhasil mengatasi semua pemberontakan
tersebut.
Kemudian pada tahun 1601 Sutowijoyo wafat. Ia dimakamkan di kOtagede. Meskipun demikian ia dinilai telah berhasil meletakan dasar-dasar yang kokoh bagi kerajaan Mataram. Selanjutnya setelah Sutowijoyo wafat, kerajaan Mataram diperintah oleh Mas Jolang atau Penembahan Seda ing Krapyak.
Pada awal pemerintahan terjadi lagi pemberontakan-pemberontakan yang masing-masing dilakukan oleh Demak dan Ponorogo. Tetapi Mas Jolang berhasil memadamkan pemberontakan tersebut. Pemberontakan terhadapnya tampaknya belum berakhir. Pda tahun 1612 Surabaya melakukan perlawanan. Mas Jolang kemudian mengirimkan tentaranya berusaha menumpas pemberontakan. Sementara upaya memadamkan pemberontakan terus berlangsung dan belum berhasil dipadamkan, Mas Jolang wafat. Ia dimakamkan di Kotagede.
Pengganti Mas Jolang bernama Adipati Martapura. Tetapi penggantinya ini tidak mampu menjalankan tugas pemerintahan karena keadaan fisik yang lemah serta sakit-sakitan. Selanjutnya untuk meneruskan pemerintahan Adipati Martapura diganti oleh Mas Rangsang. Ia ternyata orang kuat yang mampu memimpin pemerintahan. Pada masa pemerintahannya kerajaan Islam Mataram mencapai kemajuan yang pesat di bidang petanian, agama dan kebudayaan, Mataram ketika itu merupakan kerajaan terhormat dan disegani tidak hanya di pulau Jawa, tetapi juga di pulau-pulau lainnya.
Karya sastra berupa buku berjudul Sastra Gending merupakan hasil karya yang ditulis oleh Mas Rangsang sendiri. Wayang sebagai kesenian yang digemari rakyat berkembang pesat pula.Pada masa pemerintahan Mas Rangsang (tahun 1633) ditetapkan perhitungan tahun Islam didasarkan bulan. Oleh sebab itu Mas Rangsang sebagai raja yang lebih terkenal dengan sebutan Sultan Agung.
e. Kerajaan Islam Cirebon
Pada tahun 1522 berdiri kerajaan Islam Cirebon. Pendiri kerajaan yang sekaligus menjadi rajanya bernama Fatahillah. Ia sangat berjasa dalam mengislamkan Jawa Barat. Di bawah pemerintahannya kerajaan Islam Cirebon mencapai kejayaan. Daerah kekuasaanya bertambah luas. Kerajaan Islam Cirebon menjalin hubungan yang baik dengan kerajaan Islam Mataram. Pada thaun 1570 Fatahillah wafat. Selanjutnya ia digantikan oleh putranya bernama pangeran Pasarean. Dalam perkembangannya kemudian pada tahun 1679 kerajaan Islam Cirebon dibagi menjadi dua kerajaan yaitu Kasepuhan dan Kanoman.
Pada masa tersebut kedudukan VOC di Batavia semakin kuat. Mereka bermaksud meluaskan kekuasaannya ke Cirebon. Maka Belanda dan VOC-nya mengatur siasat dengan menerapkan politik adu domba atau Devide et Impera. Hal ini bertujuan untuk memperlemah kerajaan Islam Cirebon. Kerajaan Islam Cirebon yang sudah dipecah menjadi dua, oleh Belanda VOC dipecah lagi menjadi tiga masing-masing Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan.
Dengan terpecahnya kerajaan Islam Cirebon menjadi tiga menyebabkan kerajaan Islam Cirebon semakin lemah kedudukannya. Keadaan ini terus dimanfaatkan oleh Belanda dan VOC untuk mengadu domba. Akhirnya padda abad ke-17 Cirebon berhasil dikuasai VOC.
f. Kerajaan Islam Banten
Pada tahun 1552 berdiri kerajaan Islam Banten. Pendiri kerajaan ini bernama Hasanuddin. Ia naik tahta menjadi raja di Banten setelah memperoleh mandat dari ayahnya Fatahillah. Seperti telah kita ketahui bahwa Fatahillah pada mulanya menguasai daerah Sunda Kelapa, Cirebon dan Banten.
Hasanuddin seperti juga ayahnya, giat menyiarkan agama Islam. Pada waktu itu kerajaan Pakuan Pajajran masih menganut agama Hindu. Kerajaan Islam Banten di bawah pemerintahan Hasanuddin makin hari makin kuat kedudukannya. Sementara itu kerajaan Pakuan makin terjepit dan lemah. Meskipun demikian ia tidak memanfaatkan untuk menyerang kerajaan Pakuan Pajajaran. Tetapi Hasanuddin meluaskan pengaruhnya ke Lampung. Bahkan kemudian ia menikah dengan putri Sultan Indrapura. Oleh mertuanya Hasanuddin dihadiahi tanah di daerah Selebar.
Setelah Hasanuddin wafat digantikan oleh putranya bernama Pangeran Yusuf. Ia meluaskan daerah kekuasaannya dan menaklukan Pakuan Pajaran (tahun 1579). Kemudian pada thaun 1580 Pangeran Yusuf wafat.
Setelah wafatnya Pangeran Yusuf, Kerajaan Islam Banten dipimpin oleh Maulana Muhammad. Pada tahun 1596 Maulana Muhammad berusaha meluaskan daerah kekuasaannya dengan mencoba menaklukan Palembang yang ketika itu menjadi saingan Banten di bidang perdagangan. Pada waktu itu Palembang diperintah oleh Ki Gede Ing Suro yang berasal dari Surabaya. Palembang nyaris jatuh ketangan Maulana MUahammad dan pasukannya. Tetapi karena Maulana Muhammad gugur di tengah pertempuran, maka serangan dihentikan dan tetara Banten ditarik mundur kembali ke Banten.
Setelah Maulan Muhammad wafat timbul persoalan di kalangan kerajaan karena yang seharusnya menggantikannya adalah putranya, Abdul Mufakkir. Tetapi pada waktu itu Abdul Mufakkir baru berumur 5 bulan. Maka pemerintahan sementara dipegang oleh seorang mangkubumi. DAlam perkembangannya kemudian muncul orang kuat bernama Pangeran Ranamenggala yang mengendalikan Banten mendampingi Abdul Mufakkir yang belum dewasa. Renamenggala wafat tahun 1624.
Kejayaan kerajaan Banten berlangsung sekitar tahun 1600. Pada waktu itu banten merupakan bandar pelabuhan terbesar. Banyak pedagang dari dalam dan luar pulau Jawa singgah untuk membeli maupun menjual lada, cengkeh, dan pala.
Kemunduran kerajaan Islam Banten terjadi sejak masa pemerintahan Sultan Abdul Mufakkir di mana Belanda terus melakukan blokade-blokade yang mengakibatkan sempitnya ruang gerak kerajaan Islam Banten. Walaupun demikian semangar rakyat Banten yang anti penjajah Belanda tetap menyala.
g. Kerajaan Islam Ternate dan Tidore
Pada abad ke-13 di Maluku telah berdiri beberapa kerajaan seperti ternate, Tidore, Bacan, dan Obi. Di antara kerajaan-kerajaan tersebut, ternyata kerajaan ternate dan Tidore yang berkembang lebih maju. Hal ini disebabkan hasil buminya yang berupa rempah-rempah terutama cengkeh. Banyak pedagang dari kepulauan Nusantara dan Timur tengah yang pergi berlayar ke Ternate. Para saudagar membawa barang-barang dagangan berupa pakaian, beras dan sebagainya untuk dipertukarkan dengan rampah-rempah.
Pada abad ke-14 agama Islam berkembang pesat di Ternate. Dalam perkembangannya kemudian Ternate berubah menjadi kerajaan Islam. Kerajaan ini dipimpin oleh Sultan Harun. Pada masa pemerintahannya orang-orang Portugis banyak yang datang berdagang di Maluku. Tetapi mereka sering berbuat onar seperti melakukan monopoli dagang secara paksa, bertindak sewenang-wenang, mencampuri urusan pemerintahan dalam negeri. Akibatnya sering terjadi pertempuran antara penduduk Maluku dengan orang-orang Portugis. Akhornya pada tahun 1570 Portugis dengan Sultan Ternate sepakat untuk melakukan perjanjian damai melalui perundingan. Tetapi Portugis menipu Sultan Harun sewaktu berada dalam perundingan, ia pun dibunuh oleh orang Portugis atas suruhan gubernur mereka.
Setelah Sultan Harun wafat, ia digantikan oleh putranya bernama Sultan Baabullah. Peristiwa pengkhiantan keji Portugis terhadap Sultan Harun menimbulkan kemarahan rakyat Maluku. Terlebih lagi Sultan Baabullah sebagai putranya. Ia bersumpah akan membalas dendam kematian ayahnya dengan mengenyahkan orang-orang Portugis dari bumi Maluku. Denan semangat yang membara Baabullah memimpin pasukannya bertempur melawan terntara Portugis. Perang berkobar selama 4 tahun lamanya (1570-1574. Akhirnya benteng Portugis di Ternate berhasil dikuasai Baabullah dan pasukannya. Orang-orang Portugis yang masih hidup menyerah. Kemudian mereka diperintahkan dengan segera angkat kaki dari Maluku khususnya Ternate. Sehak itu daerah Maluku Utara bersih, tidak diganggu lagi oleh orang-orang Portugis. Pada masa pemerintahannya kerajaan Islam Ternate mencapai zaman kejayaannya.
Sementara itu di kerajaan Tidore agama Islam pun bekembang pesat. Seperti halnya Ternate, kerajaan Tidore berubah menjadi kerajaan Islam Tidore yang dipimpin oleh sultan Tidore. Kedua kerajaan ini pada mulanya hidup berdampingan secara damai, saling menghormati kedaulatan masing-masing. Tetapi oleh bangsa Portugis dan Spanyol kedua kerajaan ini diadu domba. Sehingga nyaris terjadi petentangan yang menjurus perang. Untung saja kedua pimpinan kerajaan menyadari hal ini. Mereka tidak mau diadu domba dengan bangsa sendiri. Kemudian kerajaan ini bersatu, bahu-membahu dalam menghadapi Portugis.
Berikut ini merupakan beberapa media yang dapat
digunakan untuk proses pembelajaran
Media pembelajan peta konsep :
peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. (Dahar, 1989:123)
peta konsep yang efektif adalah :
1. menentukan terlebih dahulu topik apa yang akan dibahas.
2. Membuat daftar konsep-konsep yang relevan untuk konsep tersebut,
3. Menyusun konsep-konsep menjadi sebuah bagan,
4. Menghubungkan konsep-konsep itu dengan kata-kata supaya bisa terbentuk suatu proposisi,5. Mengevaluasi keterkaitan konsep-konsep yang telah dibuat.
peta konsep yang efektif adalah :
1. menentukan terlebih dahulu topik apa yang akan dibahas.
2. Membuat daftar konsep-konsep yang relevan untuk konsep tersebut,
3. Menyusun konsep-konsep menjadi sebuah bagan,
4. Menghubungkan konsep-konsep itu dengan kata-kata supaya bisa terbentuk suatu proposisi,5. Mengevaluasi keterkaitan konsep-konsep yang telah dibuat.
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Peta konsep adalah
suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar
konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu
kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta
konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar,
sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/08/pengertian-peta-konsep.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Kelemahan :
1. Tulisan kurang besar sebaiknya tulisan lebih besar lagi agar peserta didik dapat melihat dengan jelas tulisan tersebut.
2. penulisan kurang rapi sebaiknya tulisan lebih dirapikan agar lebih menarik.
3. kotak bagan harusnya di samakan karena jika dibedakan maka akan menimbulkan presepsi bahwa kotak bagan tersebut merupakan materi yang berbeda.
3. kotak bagan harusnya di samakan karena jika dibedakan maka akan menimbulkan presepsi bahwa kotak bagan tersebut merupakan materi yang berbeda.
Kelebihan :
1. lebih mudah memahami sub-sub materi kerena bentuknya berupa konsep sehingga lebih mudah dalam memahami materi yang di bahas.
Media pembelajaran Mind Map
Maind Map adalah cara mengembangkan kegiatan berfikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dari berbagi sudut. Mind maping mengembangkan cara berfikir divergen dan berfikir kreatif. Mind Maping yang sering disebut peta konsep adalah alat berfikir organisasional yang merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu apabila dibutuhkan. (Toni Buzan, 2004:8)
Mind Map yang efektif :
1.Mengumpulkan sejumlah data penting dalam satu tempat dan tidak menutup kemungkinan bahwa data itu masih bisa ditambah atau dikurangi
2. Mengaktifkan seluruh otak
3. Memperbaiki proses berfikir
4. Memungkinkan pengguna berfokus pada pokok bahasa
5. Membantu menunjukkan hubungan anatara bagian – bagian informasi yang saling terpisah
6. Memberi gambaran yang jelas pada keseluruan dan perincian
7. Memungkinkan untuk menggelompokkan konsep dan membandingkannya
Kelemahan :
1. Tulisan kurang besar sebaiknya ukuran font lebih besar lagi agar peserta didik dapat lebih jelas dalam melihat.
2. Tulisan kurang rapi sebaiknya dirapikan lagi agar lebih menarik dan lebih baik
3. Ukuran kertas kurang besar sebaiknya ukuran kertas disesuaikan dengan seberapa banyak materi yang akan di bahas di dalam mind map sehingga akan lebih efektif dan juga efisien.
Kelebihan :
1. Semua sub pembahasan mengenai kerajaan-kerajaan islam telah di uraikan di dalam mind map.
Media pembelajaran Mind Map
Maind Map adalah cara mengembangkan kegiatan berfikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dari berbagi sudut. Mind maping mengembangkan cara berfikir divergen dan berfikir kreatif. Mind Maping yang sering disebut peta konsep adalah alat berfikir organisasional yang merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu apabila dibutuhkan. (Toni Buzan, 2004:8)
Mind Map yang efektif :
1.Mengumpulkan sejumlah data penting dalam satu tempat dan tidak menutup kemungkinan bahwa data itu masih bisa ditambah atau dikurangi
2. Mengaktifkan seluruh otak
3. Memperbaiki proses berfikir
4. Memungkinkan pengguna berfokus pada pokok bahasa
5. Membantu menunjukkan hubungan anatara bagian – bagian informasi yang saling terpisah
6. Memberi gambaran yang jelas pada keseluruan dan perincian
7. Memungkinkan untuk menggelompokkan konsep dan membandingkannya
Kelemahan :
1. Tulisan kurang besar sebaiknya ukuran font lebih besar lagi agar peserta didik dapat lebih jelas dalam melihat.
2. Tulisan kurang rapi sebaiknya dirapikan lagi agar lebih menarik dan lebih baik
3. Ukuran kertas kurang besar sebaiknya ukuran kertas disesuaikan dengan seberapa banyak materi yang akan di bahas di dalam mind map sehingga akan lebih efektif dan juga efisien.
Kelebihan :
1. Semua sub pembahasan mengenai kerajaan-kerajaan islam telah di uraikan di dalam mind map.
power point adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide.
power point yang efektif :
1. sederhana, yaitu mudah dipahami audience
2. satu slide, satu pesan maksudnya tipe slide mewakili sebuah ide yang di jelaskan
3. gunakan font verdana, tahoma, arial dimana untuk font judul (30-40), sedangkan font deskripsi (20-30)
4. gunakan kontras warna yang sesuai untuk menghindari ketidakjelasan font atau tulisan
1. sederhana, yaitu mudah dipahami audience
2. satu slide, satu pesan maksudnya tipe slide mewakili sebuah ide yang di jelaskan
3. gunakan font verdana, tahoma, arial dimana untuk font judul (30-40), sedangkan font deskripsi (20-30)
4. gunakan kontras warna yang sesuai untuk menghindari ketidakjelasan font atau tulisan
Kelemahan :
1. warna font abu-abu ( KD) seharusnya menggunakan warna hitam agar lebih jelas lagi.
2. ukuran gambar dalam slide ke 2 kurang besar sebaiknya ukuran gambar lebih besar agar audience jelas dalam melihat.
1. warna font abu-abu ( KD) seharusnya menggunakan warna hitam agar lebih jelas lagi.
2. ukuran gambar dalam slide ke 2 kurang besar sebaiknya ukuran gambar lebih besar agar audience jelas dalam melihat.
Kelebihan :
1. dalam power point terdapat video dan link web yang berisi materi sehingga lebih mudah dalam menginterpretasikan meteri yang di bahas di dalam power point.
1. dalam power point terdapat video dan link web yang berisi materi sehingga lebih mudah dalam menginterpretasikan meteri yang di bahas di dalam power point.
Media pembelajaran Prezi
prezi merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang fungsi utamanya hampir sama dengan power point. namun perbedaanya prezi merupakan sebuah presentasi berbasis internet.
prezi yang efektif :
1. penggunaan baground sederhana yang tidak menggangu penulisan sub sub materi yang akan dibahas
2. ukuran font dalam prezi di sesuaikan
3. penulisan judul lebih besar dari pada penulisan deskripsi di bawah judul
1. penggunaan baground sederhana yang tidak menggangu penulisan sub sub materi yang akan dibahas
2. ukuran font dalam prezi di sesuaikan
3. penulisan judul lebih besar dari pada penulisan deskripsi di bawah judul
Kelemahan :
1. Prezi masih sangat sederhana dan kurang menarik, sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar peserta didik mau mengikuti pembelajaran dengan baik.
2. baground masih sederhana, sebaiknya gunakan baground yang simple, menarik dan baik.
2. baground masih sederhana, sebaiknya gunakan baground yang simple, menarik dan baik.
Kelebihan :
1.Lebih cepat dan koefesien dalam membuat presentasi menggunakan Prezi
2. Lebih mudah menggunakan dan mengaplikasikannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar